Manfaat teh basi untuk kecantikan

Teh merupakan bahan minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air mineral. Manfaat dari teh sudah banyak dikemukakan oleh para ahli karena kandungan kimianya yang sangat berguna bagi kesehatan. Pada umumnya ampas hasil seduhan teh akan dibuang, namun bila telah diketahui manfaat teh basi ini maka akan dikumpulkan dan disimpan.
Teh basi merupakan air teh yang disimpan selama sekitar satu malam, sehingga air teh tersebut menjadi basi. Setelah teh menjadi basi, dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Beberapa manfaat dari teh basi adalah:


1. Teh basi dapat digunakan untuk kecantikan kulit (penghalus kulit wajah), caranya yaitu air teh dipakai mencuci muka dan ampasnya dapat digunakan sebagai masker  seperti saat menggunakan scrub. Manfaat teh basi lainnya yaitu mengangkat sel kulit mati, mengurangi komedo, mengurangi flek pada muka, membersihkan permukaan kulit, dan mengencangkan kulit akibat proses penuaan.
 
2. Teh basi dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut yang kusam, yaitu air teh basi digunakan untuk keramas. Hal ini dapat membuat rambut lebih sehat dan  berkilau.

Jika anda membuat teh tadi malam hari dengan maksud untuk memanfaatkan teh basi dipagi hari, hal yang perlu diperhatikan dan bisa berbahaya yaitu timbulnya bakteri. Air teh bila disimpan terlalu lama ditempat yang lembab biasanya dapat menimbulkan bakteri. Oleh karena itu harus dipastikan menggunakan teh basi dan ampasnya yang disimpan tidak terlalu lama (tidak tlebih dari satu malam). Tanda-tanda teh basi yang telah mengandung bakteri adalah air teh telah berubah warna, berlendir atau berubah aromanya (timbul bau). Teh basi sebaiknya tidak diminum tetapi digunakan untuk perawatan  bagian luar tubuh.

 Produk kosmetik sudah banyak yang menggunakan bahan dasar dari teh, yaitu dibuat sebagai ekstrak.

Teh memiliki banyak khasiat, selain untuk minuman ampasnya juga dapat digunakan untuk kecantikan.  Polifenol dari teh terutama epigalokatekin galat dapat mengurangi dampak radiasi sinar Ultra Violet yang mengakibatkan timbulnya gangguan kulit seperti proses penuaan, bahkan terjadinya kanker kulit.

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 informasiteh.com
informasiteh.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap